Wilhelmintje Libby Sinlaeloe, Penolong Kaum Ibu dan Anak Menuju DPRD NTT


0

Karyantt.com – Wilhelmintje Libby Sinlaeloe atau akrab disapa Libby Sinlaloe, pejuang, penolong Kaum Ibu dan Anak di NTT khususnya di daerah Kota Kupang, saat ini maju menjadi Caleg DPRD NTT, dari partai Golkar dengan Nomor Urut Satu, daerah pemilihan NTT 2, yang meliputi Kabupaten Kupang, Rote Ndao dan Sabu Raijua.

Libby Sinlaeloe, aktivis perempuan berdarah Rote ini, beberapa tahun belakangan telah memutuskan bergabung dengan partai Golkar. Di Golkar Libby dipercayakan sebagai Ketua DPD Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Provinsi Nusa Tenggara Timur sejak tahun 2017 lalu. Di tahun 2018 lalu, Libby Sinlaeloe juga dipercayakan sebagai Plt. Ketua DPD II Golkar Kabupaten TTS. Saat ini, Libby Sinlaeloe juga dipercayakan menjadi Plt. Ketua DPD II Golkar Sumba Timur.

Libby Sinlaeloe saat ini maju sebagai caleg DPRD NTT Dapil 2, dengan mengusung moto Berjuang Menembus Batas. Keikutsertaan Libby dalam kontestasi politik ini juga mengusung misi perjuangan bagi perempuan dan anak. Karena bagi Libby, masalah kekerasan perempuan dan anak masih perlu perhatian semua pihak, karena saat ini masih lemahnya penanganan oleh pemerintah dan pihak hukum. Untuk itulah Libby ingin berjuang lewat lembaga politik.

Komitmen dan misi perjuangan dari Libby Sinlaloe ini bukanlah suatu bualan kosong, karena sudah bertahun – tahun ia terlibat dan menolong perempuan dan anak yang tertimpa kekerasan dalam rumah tangga. Sejak tahun 2000, Libby Sinlaeloe mempelopori terbentuknya Rumah Perempuan dengan tujuan menurunkan tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kupang, NTT. Bagi Libby, KDRT mengakibatkan timbulnya kesengsaraan, penderitaan seksual, psikologis dan penelantaran rumah tangga.

Tidak hanya pada pendampingan korban, Rumah Perempuan juga menjangkau akar masalah terjadinya KDRT, yaitu kurangnya aktivitas ekonomi produktif dan terbatasnya wawasan tentang kesetaraan gender dalam keluarga dan masyarakat.

Rumah Perempuan yang sudah menangani 1.900 kasus. Agar perannya berjalan maksimal, ia bermitra dengan kepala-kepala desa dan melakukan pengkaderan ke sejumlah pemuda desa setempat di Kota Kupang.

Untuk mencapai ekonomi produktif, Libby bekerja sama dengan pemerintah melakukan berbagai pelatihan keterampilan, pertanian dan pengolahan panganan lokal kepada masyarakat agar mampu mencukupi hidup masing-masing keluarga serta biaya anak sekolah.

Selain permasalahan KDRT, Libby juga melakukan pendampingan dan penguatan kapasitas buruh migran, pendampingan di penjara anak, membentuk koperasi dengan orientasi perekonomian masyarakat mandiri, serta pendampingan kepada para wanita korban trafficking. Umumnya ia membantu dengan membekalinya ilmu keterampilan sehingga mampu memaksimalkan hidupnya dalam masyarakat.

Dalam menjalankan semua aktivitasnya pendampingan, Libby dan beberapa rekan di Rumah Perempuan memperoleh bantuan dari para donatur lokal dan asing seperti, Bread Fur Welt (program penguatan kapasitas stakeholder, kesehatan, peproduksi perempuan, pemberdayaan ekonomi) dan IndoACT (kampanye pencegahan dan penanganan child trafficking).

Melihat rekam jejak Libby Sinlaleloe di atas maka masyarakat Kabupaten Kupang, Sabu Raijua dan Rote Ndao tidak perlu ragu untuk memilihnya menjadi wakil anda di DPRD NTT. Mari membantu Libby Sinlaeloe mewujudkan misi mulianya terkait upaya meminimalisir ekploitasi dan tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan, melalui penguatan hak terhadap korban tindak kekerasan, dengan cara tanggal 17 April 2019, datang ke TPS, ambil dan buka surat suara berwarna biru, lihat Partai Golkar dan coblos caleg nomor urut satu, Wilhelmintje Libby Sinlaeloe. (Go/berbagai sumber)


Like it? Share with your friends!

0
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *