Melki Laka Lena Apresiasi Dukungan BPOM RI dan Kemenkes RI Untuk Pemprov NTT Dalam Penanganan Covid-19


0

Karyantt.com – Anggota DPR RI Dapil NTT 2, Emanuel Melkiades Laka Lena memberikan apresiasi atas dukungan BPOM RI yang membantu pemerintah propinsi NTT alat tes ‘swab’ jenis Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk percepatan pemeriksaan sampel Covid-19. 

Melki Laka Lena juga mengucapkan terima kasih kepada Menkes RI Terawan Agus Putranto dan Dirjen P2P Achmad Yurianto yang telah membantu percepatan penggunaan alat PCR BPOM RI di NTT termasuk menyediakan Reagen (reaktan) untuk real time tes PCR secara kontinyu.

“Bantuan ini sangat bermakna bagi pemerintah dan masyarakat NTT dalam membantu penanganan Covid-19, ungkap Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Rabu (06/05/2020).

Melki mengatakan, dengan hadirnya alat PCR, maka proses pemeriksaan sampel Covid-19 yang selama ini dilakukan di luar NTT, di Surabaya atau Jakarta kini bisa dilakukan sendiri di RSUD Prof. WZ Johannes Kupang.

Melki menerangkan, dalam rapat BPOM RI terakhir bersama Komisi IX DPR RI, Kepala BPOM RI, Penny Lukito menegaskan komitmennya dan jajarannya untuk membantu penyediaan PCR di beberapa provinsi termasuk NTT, serta membantu percepatan izin edar berbagai produk yang membantu penanganan Covid-19 sesuai aturan yang berlaku.

“Proses panjang yang terwujud kemarin (bantuan PCR untuk NTT) merupakan wujud komitmen BPOM RI membantu beberapa pemerintah propinsi yang telah dimulai sejak awal di provinsi Gorontalo. Komitmen BPOM RI yang terus disampaikan dalam berbagai rapat kabinet bersama Presiden Jokowi juga saat rapat dengan Komisi IX DPR RI,” jelas Ketua Golkar NTT ini.

Terkait kebutuhan reagen berkelanjutan untuk memeriksa ‘swab’ pasien terduga Covid-19, Melki menjelaskan, dalam raker dengan Kemenkes semalam sudah diingatkan langsung kepada Menkes RI Terawan Agus Putranto dan Dirjen P2P sekaligus Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto agar selalu disiapkan secara rutin termasuk untuk mesin PCR dari BPOM yang digunakan.

Penny Lukito melalui Melki Laka Lena, berpesan agar alat bantuan BPOM RI ini bisa digunakan secara optimal oleh pemerintah provinsi dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTT.

Untuk diketahui, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mendapatkan tambahan satu set alat pemeriksaan swab jenis PCR untuk percepatan pemeriksaan sampel Covid-19. Tambahan alat ini melengkapi satu alat PCR yang terlebih dahulu telah diinstal di Laboratorium RSUD Prof WZ Johannes Kupang.

Satu set peralatan PCR ini diserahkan oleh Badan POM RI melalui Kepala Balai Besar POM Surabaya, I Made Bagus Irameta kepada Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 NTT, Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT pada Selasa (5/5/2020) siang.  (*)


Like it? Share with your friends!

0
Golkar NTT

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *